@pratiwihputri SD hingga SMA


Sebenernya kapan hari itu udah janji sama diri sendiri buat cuti nulis, ahh tapi tangan gatel nih. Anggap aja deh ini selingan di minggu-minggu ujian, daripada stress gara-gara ujian manajemen strategik yang diadain sabtu siang, bayangkan meeen SABTU UJIAN!! Yaaa walopun cuman 13 soal, on english, waktu 105 menit dan ternyata masih ada 3 soal yang belum saya jamah. Rasanya pengen bunuh diri, tapi phobia ketinggian, takut sama jarum suntik, sadar kalo baygon rasanya gak seenak es campur, terus kenak silet aja udah meringis, oke skip, ini sudah kebanyakan ngelantur.

Perasaan hari ini sebenernya udah gak enak abis gara-gara mimpi buruk, mimpiin pacar sih tapi buruk, ah pacaaarrrr aku masih sayang kamu suweerrr werrr werrr :3. Lagi-lagi skip!!

Terus rencana bangun subuh-subuh buat nerusin baca buku Strategy Focused Organization'nya Pakdhe Kaplan gak kesampaian gara-gara godaan kasur yang empuk, jadinya bangun agak siangan deh. Untung nyokap masih berbaik hati bikinin aku sarapan di siang hari. Huahahaha.

Oiyaa ini gara-gara tadi saya lewat di depan SMA tempatku menuntut ilmu dua tahun yang lalu, aku jadi inget jasa-jasa guru-guru saya mulai dari TK sampai sekarang yang suskses bikin aku Alhamdulillah bisa masuk salah satu Universitas Negeri yang terkenal di Surabaya. Ituloh yang kampusnya deket Rumah Sakit Karangmenjangan, tau kagak lu? Kalo ga tau berarti lu kurang pergaulan, udah sana cari temen yang bisa digaulin #eh

Oke, ini udah beberapa paragraf yang isinya ngelantur mulu, langsung aja kali yaaaa.

TK

Waktu nol kecil ada Bu Tri yang mengasuhku dan temen-temen. Beliau agak galak deh, tapi berkat beliau dan nyokap saya bisa lancar membaca di nol kecil, gak pake mengeja loh, tepuk tangan dong buat sayaaa, hehe. 

Nol besar, badan aku enggak berubah tetep aja kecil, tapi guru saya ganti, namanya Bu Sri. Oke beliau-beliau bukan orang kembar tapi memang namanya agak mirip. Tapi Bu Sri ini orangnya agak sabar. Tapi yang gak berubah lagi di kelas ini, nilai menyanyiku payah, tiap kali disuruh nyanyi di depan kelas cuman bisa nyanyi bintang kecil. Sepertinya memang saya murid TK paling payah. Eh tapi jangan salah, aku murid yang paling jago gambar, Bu Sri selalu menunjukku buat wakilin sekolah ikut lomba gambar, yah walau pun selalu harus puas dengan juara harapan. Tapi aku cukup bangga *senyum lima jari*


SD

Ada cerita yang agak mengenaskan ketika awal masuk Sekolah Dasar, Kepala Sekolahnya tidak yakin sama penampilanku. Apa karena badanku yang mini entahlah, beliau sempat berkata pada Ibu, "Kalau nanti anak ibu tidak naik kelas, jangan salahkan sekolah ya, Bu."

Mungkin waktu itu Bapak Kepala Sekolah bisa ketawain ukuran badanku dan usia saya yang katanya masih tidak memenuhi syarat, tapi mungkin waktu itu dia berhenti menghina saya ketika saya menjadi bintang kelas di awal caturwulan (oke waktu itu namanya masih caturwulan bukan semester) bahkan predikat bintang kelas kusandang hingga lulus SD, ahhh ga nyangka dulu aku bisa sepintar itu waktu itu dan bikin Bapak sama Ibu bangga soalnya aku meraih peringkat pertama UNAS se kecamatan. Yaa Allah anugerah sekali waktu itu. Ditambah lagi, berbagai piala di atas buffet di ruang tamu, mulai sempoa, melukis, mata pelajaran, sampai resensi buku. Mungkin pembaca sekalian gak nyangka kalau liat IPK aye semester ini -____-"

Ada beberapa guru yang aku inget sampai sekarang.

Bu. Darwiyani : Ini guru kelas satu sama kelas dua, orangnya cantik, suaranya kalem, gak pernah marah-marah, pokoknya sabar abisss deh.

Bu. Kardjilah : beliau guru kelas 3 waktu itu, suaranya agak cempreng, agak galak, tapi tetep beliau buaeeek banget sama aye. Yang saya ingat adalah sepeda kumbang beliau, uhhh jadi kangen beliau :3

Pak Astamun : guru bahasa Indonesia nih, orangnya tambun tapi bukan gayus tambunan, konyol, beliau nih yang nunjuk aku untuk mewakili sekolah di bidang bahasa Indonesia. alhamdulillah aku bisa mewakili kecamatan untuk berlomba di kabupaten, tapi akhirnya harus puas sama juara 2 di tingkat kabupaten. Yang kuingat dari beliau adalah suntikan pinicilin beliau yang super duper nylekit kalau dalam bahasa Jawa. Biasanya yang jadi sasaran suntikan ini adalah paha bocah-bocah cowok yang ndablek.

Pak Maryadi : Guru matematika, awalnya sih ditunjuk buat mata pelajaran matematika, tapi berhubung beliau sudah keduluan Pak Astamun deh, hahaha. kecil-kecil gini dulu waktu SD aku adalah siswa multi talenta. hahaha.

Masa-masa SD'ku tak hanya sibuk sekolah saja, mama demen banget ngikutin kursus ini kursus itu, dan alhamdulillah selalu suka sama setiap kursus yang aku ikutin. Sudah lupa sih jadwalnya tapi yang jelas setiap sore itu kalau nggak les sempoa ya les bahasa Inggris, kalau nggak gitu yaa godain bule bule maen golf di lapangan golf, hahaha yang terakhir ini becanda, biasanya sih cuman maen aja ke taman sama temen-temen, sepedaan, ayunan, manjat pohon. Kalau malem waktunya les piano, yah, berhubung sudah lama sekali vakum sekarang lupa-lupa ingat maeninnya. Jangan ditanya soal pelajaran, mama yang notabene guru pun dan papa yang walaupun pekerja kantoran biasa tapi beliau mantan guru dulu adalah guru privatku, jadi kalau ada PR yang susah tinggal nyodorin buku tulis ke mama atau papa dan mulai lah mereka berceramah. Hehehe.

SMP

Masa SMP adalah masa-masa yang paling menegangkan buatku, disini pertama kalinya aku jatuh cinta. Nggak mau sebutin ah sama siapa, soalnya nih cowok juga sering mantengin blogku, kan malu :')

Aku adalah tipe orang yang susah banget mengingat masa lalu, tapi ada beberapa hal yang kuingat disini. Kantin tempat nongkrong, sempet juga jadi pemain band walau pun cuman bentar, yang paling menyenangkan adalah saya salah satu pengurus majalah sekolah yang waktu itu terbitnya 3 bulan sekali. Sebenernya pengen banget maen ke SMP pengen liat perkembangan majalah sekolah yang dulu pernah membesarkan namaku, ceileeee. 

Di SMP aku juga pernah digeret preman sekolah ke toilet cowok buat dihabisin, tapi kayaknya dia nggak tega sama badanku yang mungil, argh diskriminasi nih padahal kalau mau berantem sih aku ayuk aja, hahaha. Gara-garanya aku pergokin dia pake narkotik, yah waktu itu lagi booming-boomingnya narkoba masuk ke anak SMP, keesokan harinya dia dipanggil guru BP. Padahal suwer dicium justin bieber loh bukan aku yang ngadu, masuk ruang BP aja anti banget. hahaha
.
Ada beberapa nama-nama guru yang paling berkesan waktu SMP.

Bu Sih : Ah, aku lupa nama panjangnya tapi menurutku beliau guru paling killer, entah itu cara mengajarnya juga mukanya. Guru ekonomi, paling benci pelajaran ini tapi sekarang masuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kontrasssss.

Bu As : Bacanya jangan digabung (baca: BUAS), hahaha, yayaya dia juga salah satu guru killer di sekolah. Kalau ngomong tuh mesti pake nada tinggi, lupa nih beliau guru apa, tapi yang paling saya inget adalah choco cips'nya di deket hidung itu lohhh sama rambutnya yang kribo, unforgottable deh, hahaha.

Bu Endang : Arghhhh guru kaporit nih, guru bahasa Indonesia, kenapa favorit, soalnya beliau cantik, sabar, lemah lembut, dan satu hal, dia satu-satunya guru yang gak pernah menghukumku. hahaha.

Pak Sudadi : Guru Kimia yang paling sabar, cuman di kelas beliau aku bisa ngikutin pelajaran sambil ngemil, kalau semua guru kayak dia, kayaknya aku bakalan jadi anak pinter deh *gak nyambung* hahaha.

SMA

Voila!!

Tibalah saatnya memakai seragam putih-abu, semester pertama SMA aku sekolah probolinggo sama seperti SD sampai SMP tapi ketika menginjak semester dua mama memindahkanku ke SMAN 11 Surabaya. Yang paling berkesan disini adalah, ketemu sahabat paling super yang sekarang jadi pacarku @adjisuwarsono, I love You ai :*

Tapi yang jelas, disini aku juga punyak banyak cerita cantik lainnya. Terutama IPA 4 yang kudiami selama dua tahun, kelas dua sama kelas tiga. Banyak sekali cerita yang tertoreh disini. Maybe We are crowdest class in this school at the time, buat here we are, kelas paling gokil deh pokoknya. Siapa sih yang gak kenal M4d Scientist. Lu kagak tau ? Berarti lagi-lagi Lu kagak gaul. hahaha. Entahlah apa harfiah dari M4d Scientist yang jelas disini tempatnya manusia-maunisa yang penuh dengan passion dan senang berkarya. Makasih guys, kalian sudah beri aku banyak cerita indah. Ketawa bareng, brengsek bareng, Nangis bareng, Lulus bareng, sedih bareng, dan yang selalu takinget adalah kalau jam makan siang kita mesti makan bareng dan bontot bareng, huuuuu kangennnn :3

Oh iya beberapa guru yang berkesan di masa ini adalahhhhh:

Pak Erfan : kami menyebut beliau adalah bapak'e, beliau yang notabene guru bahasa Indonesia ini pernah menjabat sebagai wali kelas anak m4d scientist waktu kita masih kelas sebelas alias kelas dua SMA. Beliau sering banget kasih wejangan-wejangan buat kami. Orangnya metal abis lah, entahlah pokoknya beliau adalah guru favorit kami :)

Bu Ainiya : Oke, jangan sampek kepleset bacanya yaa, (baca:bu aniaya). Beliau adalah guru bahasa Inggris. Susah banget mendeskripsikan beliau, bisa dibilang guru favorit, hmmm.. maksudnya guru favorit yang sering kami kerjain. Pernah suatu hari waktu pelajaran beliau, kami melarikan diri dari kelas, satu kelas tanpa terkecuali sampai beliaunya harus keliling sekolah buat mencari kami. Yaa Ampun, maafin saya bu guru :3

Pak Ghofur : Ahahaha kagak usah ditanya, siapa sih anak SMA Sebelas yang engga kenal beliau, guru TIK yang gaul abis, pengetahuan IT'nya nomer satu nih di mari, hehe. Dan dari beliau lah aku mengenal blog dan akhirnya sampai sekarang mencoba konsisten menjadi blogger, Terima Kasih Pak. Barusan kudengar beliau mendapat anggota keluarga baru, istrinya baru saja melahirkan, semoga putri beliau jadi anak Indonesia yang sehat, pemberani, suka berkarya, berbakti pada orang tua, dan berguna bagi nusa bangsa, juga agama. Terima Kasih, Pak :)

Pak Pri : Oke, kami anak m4d scientis punya panggilan sayang buat beliau #ups, tapi rahasia dehhhh, hehehe. Berkesan soalnya beliau adalah wali kelas kamu waktu kelas dua belas. walau pun agak menyebalkan tapi anak ipa 4 mana sih yang bisa ngelupain beliau. Hahaha.

Yah, terima kasih deh buat semua guru di Indonesia, termasuk mamaku, beliau juga guru loh, hehehe. Dan sekarang yang ngajar aku bukanlah guru tapi dosen. Tapi apa pun namanya dosen juga seorang guru buat mahasiswanya. 

Kalau kamu, siapa guru yang paling berkesan dalam perjalananmu menuntut ilmu ? :)


13 komentar:

  1. ingatannya bagus banget ya ,sampe ingat detail di TK...
    btw salam kenal :)

    BalasHapus
  2. @ MIKAEL :: sebenernya ingatan saya parah abis, hehe, but thankyou anyway udah mampir, salam kenal :)

    BalasHapus
  3. hal yang selalu ada diingatan manusia adalah hal terbaik dan terburuk.. yap, pasti ingetnya itu, kalo hal biasa2 aja pasti lupa hehhe nice post deaar

    BalasHapus
  4. @ F u n y : yep hal-hal yang tidak biasa itu biasanya yg gampang nempel di otak, thank you anyway :)

    BalasHapus
  5. Guru memang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ya mbak :') salut sama mereka semua

    kapan2 ntar aku juga mau nyeritain masa-masa sekolahku deh mbak. hehehe

    BalasHapus
  6. @ Adinda : yap, aku juga pengagum jasa para guru, wah sippppp, ndang ditulis ntar tak mampir ke rumah bintang :)

    BalasHapus
  7. ciput, msih kget ya knangan SMP.. Aku tau wktu mau ke ruang BP kmu nangis..hahaaaa

    BalasHapus
  8. @ oi prima : haha masih inget banget ko om, itu bukan nangis takut, tapi aku kasian sama temen kita itu. masih kecil udah aneh2 bukannya berkarya :) makasih yaa om udah mampir..jangan bosen, hehehe

    BalasHapus
  9. Weleh kesannya sama guru SMP itu benar-benar berkesan dan nostalgia sekali.

    kalau saya

    Bu Sih <= cuma inget pas nangkep dyah lukito ngerepek. :P Eh, si Prima itu atau siapa ya itu kemasukan tutup ballpoint di telinga. :D LOL

    Bu As <= Eerm, Tompel?

    Bu Endang <= Setuju sama situ dibagian cantik, sabar, & lemah lembut, sayang pas terakhir kali bertemu beliau udah keliatan seperti banyak pekerjaan jadi sudah menurun kecantikannya tapi tetap ramah. :3

    Pak Su(dandy)<=satu-satunya guru yang memberikan nilai 80 untuk siswa yang jawabannya salah semua.

    Kau lupa satu guru put
    Alm. BU KAM <= Guru super yang lupa membawa pulang cucunya dari sekolah dan lupa arah jalan pulang kemudian menampar Restu sampai jadi kasus di sekolah.

    BalasHapus
  10. @ IChsan : haha ternyata masih kau ingat juga tragedi tutup pulpen itu, wkwkwk
    aku udah ga pernah ketemu beliau-beliaunya lagi nih.
    apalagi bu kam, sumpah aku lupa deh wajah beliau gimana :(
    apa kabar restu yaa ? hahaha

    BalasHapus
  11. hmmm tragedi tutup pulpen ya,hhahaaaaa, lgi dteng khilafnya, pusing mkirin Ibu SIH.

    BU KAM udah tiada put, udah meninggal beliau. Kalau korbannya sih skrg 1 kmpus ma aku, Si Mas Boyy.

    BalasHapus
  12. @ Oi Prima : hahaha, ko bisa itu loh waktu itu om kamu maenan tutup pulpen :p
    sumpah ? innalillahiwainnailaihirojiun..
    duh banyak salah sama beliau, mana aku juga lupa wajahnya :(
    salam yaa buat mas boy, wkwkwkk

    BalasHapus
  13. cerita tentang temen2 smp mana ciput?

    BalasHapus